1. Konsumen
Konsumen indomi tidak hanya ada dalam negeri saja, tetapi
juga berada diluar negeri. Hal ini juga didukung karena sebagian besar dari
masyarakat membutuhkkan makanan cepat saji.
2. Pemasok
Dengan kegiatan usaha yang mencakup seluruh tahapan proses
produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi
produk akhir yang tersedia di pasar.
3. Sumber Daya Manusia
Dengan total tenaga kerja yang begitu banyak, indofood
percaya bahwa karyawan adalah salah satu kelompok paling penting dari
stakeholder dan unsur penting dalam keberhasilan terus.
4. Pesaing
Salah satu kompetitor terbesar indonie adalah mie sedap. Mie
sedap masuk ke pasar dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga
yang ditawarkan oleh indomie. Sehingga
konsumen yang terpengaruh harga akan harga akan lebih memilih mie sedap.
Lingkungan Eksternal
a. Ekonomi
PT. Indofood
berhasil menguasai 90% pasar mie instan di indonesia. Selain indomie indofood
memproduksi sejumlah merek mie instan lainnya, seperti sarimi dan supermi.
Namun indomie menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan dari divisi mie
instan indofood.
b. Sosial dan Budaya
Faktor sosial dan
budaya menitikberatkan kepada tata nilai dan sikap dari masyarakat. Pt indofood
melihat dan menyesuaikan terlebih dahulu produknya sebelum akhirnya mampu
menguasai pasar,tata nilai dan sikap masyarakat ini
mempengaruhi gaya hidup masyarakat yang pada gilirannya akan mempengaruhi pada
permintaan produk terhadap perusahaan.
c. Teknologi
Pt indofood harus
memahami pengaruh perubahab faktor teknologi terhadap kegiatan operasional perusahaan
serta pemahaman tentang kemampuan perusahaannya dalam menciptakan produk.
d. Politik dan Hukum
Pengaruh politik
dan hukum suatu industri dapat di nilai dari berbagai peraturan maupun
kesepakatan berbagai pihak yang terkait.
Alternatif Strategi
Ø Strategi bertahan (holding
strategy)
Strategi ini
dilakukan Oleh
perusahaan yang memiliki daya tarik bisnis maupun posisi bisnis yang tinggi.
Dalam posisi kuat perusahaan sudah seharusnya menempuh strategi tetap bertahan
pada posisi sekarang dengan memaksimumkan laba yang berasal dari suatu produk
atau bisnisnya yang ada.
Ø Alasan memilih strategi ini
adalah:
Karena pt
indofood sudah sangat dikenal dan memiliki pendapatan yang cukup atau
mendapatkan laba yang tinggi, oleh karena itu pt indofood saat ini hanya tetap mempertahankan posisinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar