Minggu, 17 November 2019

Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal Pada PT. Indofood

Lingkungan Internal


1.      Konsumen
Konsumen indomi tidak hanya ada dalam negeri saja, tetapi juga berada diluar negeri. Hal ini juga didukung karena sebagian besar dari masyarakat membutuhkkan makanan cepat saji.

2.      Pemasok

Dengan kegiatan usaha yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar.
3.      Sumber Daya Manusia
Dengan total tenaga kerja yang begitu banyak, indofood percaya bahwa karyawan adalah salah satu kelompok paling penting dari stakeholder dan unsur penting dalam keberhasilan terus.

4.      Pesaing

Salah satu kompetitor terbesar indonie adalah mie sedap. Mie sedap masuk ke pasar dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh indomie.  Sehingga konsumen yang terpengaruh harga akan harga akan lebih memilih mie sedap.


Lingkungan Eksternal

a.      Ekonomi
PT. Indofood berhasil menguasai 90% pasar mie instan di indonesia. Selain indomie indofood memproduksi sejumlah merek mie instan lainnya, seperti sarimi dan supermi. Namun indomie menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan dari divisi mie instan indofood.

b.      Sosial dan Budaya

Faktor sosial dan budaya menitikberatkan kepada tata nilai dan sikap dari masyarakat. Pt indofood melihat dan menyesuaikan terlebih dahulu produknya sebelum akhirnya mampu menguasai pasar,tata nilai dan sikap masyarakat ini mempengaruhi gaya hidup masyarakat yang pada gilirannya akan mempengaruhi pada permintaan produk terhadap perusahaan.
c.       Teknologi
Pt indofood harus memahami pengaruh perubahab faktor teknologi terhadap kegiatan operasional perusahaan serta pemahaman tentang kemampuan perusahaannya dalam menciptakan produk.

d.      Politik dan Hukum

Pengaruh politik dan hukum suatu industri dapat di nilai dari berbagai peraturan maupun kesepakatan berbagai pihak yang terkait.

Alternatif Strategi

Ø  Strategi bertahan (holding strategy)

Strategi ini dilakukan Oleh perusahaan yang memiliki daya tarik bisnis maupun posisi bisnis yang tinggi. Dalam posisi kuat perusahaan sudah seharusnya menempuh strategi tetap bertahan pada posisi sekarang dengan memaksimumkan laba yang berasal dari suatu produk atau bisnisnya yang ada.

Ø  Alasan memilih strategi ini adalah:

Karena pt indofood sudah sangat dikenal dan memiliki pendapatan yang cukup atau mendapatkan laba yang tinggi, oleh karena itu pt indofood saat ini  hanya tetap mempertahankan posisinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makanan Ringan PT.Indofood

  Macam Makanan Ringan Produk makanan ringan yang diproduksi oleh PT. Indofood adalah salah satu produk makanan ringan yang mana sudah m...